Tutorial Pembelajaran dari seorang ToPu yang ingin berbagi ilmu yang telah didapatkan selama hidup secara perlahan tapi bermanfaat bagi seluruh umat manusia.
Dapatkan Update Status Terbaru dari ToPu. Follow my twitter @tatopu

Alternatif Untuk Membuat Aplikasi Android

Topik alternatif program dalam pembuatan aplikasi android menjadi topik pilihan pada kesempatan kali ini yang tak terasa sebentar lagi bila Allah mengijinkan maka di tahun 2017 ini kita akan berjumpa dengan bulan yang sangat indah yakni bulan Ramadhan. Kebutuhan akan aplikasi - aplikasi mobile khususnya android untuk menunjang pekerjaan maupun bisnis yang sedang berjalan semakin hari semakin bertambah banyak. Untuk membuat aplikasi android, maka kita membutuhkan tool yang digunakan untuk membuat aplikasi yang kita inginkan. Tool software yang paling banyak digunakan oleh para pembuat aplikasi android adalah android studio.

Aplikasi android studio dapat dipergunakan pada berbagai sistem operasi seperti linux, windows maupun mac OSX. Namun dikarenakan tool untuk membuat aplikasi android ini membutuhkan resource yang dapat dikatakan tidak sedikit sehingga untuk PC dengan spesifikasi middle ke bawah akan membutuhkan waktu untuk dapat sampai membuka lembar kerja dari android studio.

Alternatif lain selain menggunakan android studio ini ada beberapa pilihan tool editor lain seperti phonegap, ionic maupun sampai ke react android. Android studio sendiri merupakan editor pada pemrograman bahasa java khususnya java untuk android.

Perkembangan teknologi yang semakin hari semakin pesat melahirkan alternatif yang lain selain menggunakan bahasa pemrograman java, salah satunya adalah kotlin. Perlu diperhatikan bahwa setiap alternatif itu terdapat kelebihan dan kekurangannya masing - masing. Tampak sekilas dari situs resmi koltin bahwa syntax yang terdapat pada koltin dibandingkan syntax yang terdapat pada java terdapat banyak sekali perbedaan dan perbedaan yang paling diunggulkan dari bahasa pemrograman koltin ini adalah lebih sederhana dan ringkas.

Namun dari kelebihan tersebut tentu tak luput pula dengan kekurangan - kekurangannya, seperti implementasi perulangan pada koltin yang kurang efektif. Selain itu, penanganan dalam hal value berisi null, eksekusi perintah dengan suatu kondisi tertentu serta ekspresi untuk menuliskannya ke dalam suatu perintah masih belum familiar untuk para programmer. Implementasi alias pada koltin yang masih belum mendukung pada global alias dan masih banyak sekali penjabaran dari kekurangan - kekurangan dari koltin disamping terdapat kelebihan yang telah dijelaskan di awal.

Sebagai penutup sebelum bertemu bulan ramadhan, pada akhir kesimpulan ini penulis sampaikan bahwa syntax yang lebih minimalis memang lebih keren dan elegan. Namun bila yang minimalis tersebut malah menyebabkan programmer kurang nyaman atau bahkan menjadikan lebih sulit untuk memahami kembali atau membaca baris perintah yang telah dituliskan, maka hal tersebut dapat dikatakan kurang memberikan solusi yang lebih baik dibandingkan dengan bahasa pemrograman yang telah ada sebelumnya.

Share/Bookmark

Ingin mendapatkan artikel seperti ini? Silahkan masukkan alamat email Anda untuk berlangganan.

Privacy guaranteed. We'll never share your info.

Artikel yang berhubungan :

0 komentar:

Posting Komentar

Demi kenyamanan pembaca, komentar yang tidak berhubungan dengan konten, dengan terpaksa akan dihapus tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Terima kasih.

Kritik dan saran silahkan sampaikan di sini atau di situ
Posting Sebelumnya Beranda

Kolom Komunitas