Tutorial Pembelajaran dari seorang ToPu yang ingin berbagi ilmu yang telah didapatkan selama hidup secara perlahan tapi bermanfaat bagi seluruh umat manusia.
Dapatkan Update Status Terbaru dari ToPu. Follow my twitter @tatopu

Konsep Jaringan MaidSafe

Artikel tutorial pertama di tahun 2017 akan mengangkat tema konsep dari sistem jaringan yang digadang - gadang sebagai sistem yang aman dari pencetusnya yaitu MaidSafe. Semakin hari teknologi semakin begitu berkembang pesatnya, bagi kita para engineer sudah selayaknya terbiasa mengikuti perkembangan teknologi terbaru terlebih yang sesuai dengan bidang yang sedang dikuasai.

Beberapa hari yang lalu MaidSafe mengadakan acara yang diadakan di Jakarta. Bagi para developer yang berada di kota Yogyakarta, ada kesempatan untuk mengikuti acaranya secara langsung dan dibiayai gratis segala akomodasinya oleh MaidSafe ini. Menurut penulis sendiri secara sepintas melihat acara dan materi yang akan diberikan tidak terlalu menarik; sehingga penulis tidak mengikuti acara tersebut, namun siapa tau materi - materi ini menarik untuk para pembaca yang penasaran akan acara yang berlangsung di MaidSafe.

MaidSafe sendiri merupakan perusahaan teknologi yang berasal dari skotlandia. Slogan yang dibanggakan oleh MaidSafe sendiri adalah SAFE NETWORK. Kata "SAFE" tersebut bukanlah kata sifat melainkan singkatan dari Secure Acces For Everyone. Sebuah sistem yang telah dirancang oleh para engineer ini digadang - gadang merupakan sistem jaringan yang paling aman karena merupakan platform yang terdistribusi yang berbasiskan pendekatan secara desentralisasi. Saat ini data yang dikelola dalam suatu jaringan masih bersifat tersentral sehingga memungkinkan data dapat di akses oleh pengguna yang bukan pemilik data tersebut. Konsep yang diperkenalkan oleh MaidSafe ini jelas berbeda dari sistem yang digunakan saat ini. Sistem pada MaidSafe bersifat desentralisasi, serta selain itu informasi yang berasal dari suatu pengguna tertentu selain telah di enkripsi, juga informasi tersebut dibagi kedalam beberapa data serta disebar ke beberapa server terpisah sehingga untuk mendapatkan suatu informasi milik suatu pengguna menjadi sangatlah sulit.

Bagi para pengguna yang bersedia menyewakan sebagian ruang penyimpanan di perangkatnya, MaidSafe memberikan kompensasi berupa koin virtual yang dinamakan SafeCoin. SafeCoin ini dapat dicairkan melalui CCP (Centennial Coin of Prosperity). Saat artikel ini dibuat, 1 koin ini bernilai setara dengan 2500 rupiah. Angka tersebut hasil dari beberapa kali lipat dari nilai awal koin yang sebelumnya hanya pada kisaran 900 rupiah. Banyak yang berencana untuk berinvestasi dengan menukarkan ke uang virtual ini dikarenakan perkembangan nilai jual yang telah meningkat beberapa kali lipat dari nilai jual sebelumnya.

Menurut penulis sebagian besar acara MaidSafe seharian adalah seperti yang telah dipaparkan di atas, selebihnya demo, mekanisme implementasi - kompetisi untuk dapetin koin gratis dan penjabaran aja.. Apabila ada tambahan silahkan jangan sungkan - sungkan untuk menambahkannya di bagian komentar di bawah. Rolling on the floor

Share/Bookmark

Ingin mendapatkan artikel seperti ini? Silahkan masukkan alamat email Anda untuk berlangganan.

Privacy guaranteed. We'll never share your info.

Artikel yang berhubungan :

0 komentar:

Posting Komentar

Demi kenyamanan pembaca, komentar yang tidak berhubungan dengan konten, dengan terpaksa akan dihapus tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Terima kasih.

Kritik dan saran silahkan sampaikan di sini atau di situ
Posting Selanjutnya Posting Sebelumnya Beranda

Kolom Komunitas