Tutorial Pembelajaran dari seorang ToPu yang ingin berbagi ilmu yang telah didapatkan selama hidup secara perlahan tapi bermanfaat bagi seluruh umat manusia.
Dapatkan Update Status Terbaru dari ToPu. Follow my twitter @tatopu

Tingkatkan Produktivitas Selama WFH dengan Berbagai Aplikasi Rapat Online

Dampak yang ditimbulkan dari Virus Corona COVID-19 ini tak hanya di sisi kesehatan saja, faktor ekonomi juga menjadi salah satu yang terdampak. Kondisi new normal sudah mulai dilakukan oleh beberapa perusahaan maupun fasilitas umum dengan aturan baru setelah aturan PSBB berakhir yang setidaknya sudah sekitar 2 mingguan semenjak artikel ini diterbitkan. Namun demikian, ada beberapa perusahaan yang masih memberikan kebijakan WFH atau kerja dari rumah untuk para karyawannya sehingga para karyawan tersebut harus menggunakan media aplikasi rapat online. Berikut beberapa alternatif aplikasi rapat online yang dapat digunakan:

1. Google Meet

Dahulu kala, google menyajikan produk yang dinamakan google hangouts yang menyatu dengan gmail. Google hangouts dapat melakukan panggilan video hingga 25 orang bersamaan dalam sekali panggilan. Seiring berjalannya waktu, google meluncurkan versi terbarunya yaitu google meet yang bisa digunakan untuk share screen maupun panggilan video maksimal 10 orang untuk yang gratis sedangkan untuk berbayar hingga 100 peserta keseluruhan bagi pelanggan G Suite Basic (6 dollar AS/ Rp 93.000 per bulan), 150 orang bagi pelanggan G Suite (12 dollar AS/ Rp 186.000 per bulan) dan 250 orang untuk G Suite for Enterprise (25 dollar AS/ Rp 388.000 per bulan). Aplikasi google meet dapat dicoba pada web browser meet.google.com maupun melalui android dan ios.

2. Zoom

Aplikasi ini sangat sering ditemui webinar pada umumnya. Panggilan video dengan maksimal 100 orang untuk 40 menit ini gratis. Setelah 40 menit habis, dapat membuat host ulang dengan url zoom yang berbeda. Zoom Pro, dikenakan biaya sebesar $14.99 per host per bulan maksimal 100 orang hingga 1 hari. Zoom Business, dikenakan biaya $19.99 per host per bulan maksimal 300 orang dalam waktu bersamaan dengan minimum pembelian 10 host. Zoom Business Enterprise, dikenakan biaya $19.99 per host per bulan yang dapat mencapai lebih dari 1000 orang dengan minimum pembelian 100 host. Untuk dapat bergabung melalui link undangan atau id rapat dapat dimasukkan ke zoom.us/join

3. Teams
Aplikasi ini merupakan produk dari Microsoft. Dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna dapat melakukan share screen maupun panggilan video dalam sekali panggilannya mencapai sekitar 10 ribu orang sekaligus. Biasanya aplikasi ini digunakan oleh perusahaan yang memang dalam keseharian dalam bekerja banyak menggunakan produk - produk dari Microsoft. Untuk versi web dapat diakses melalui teams.microsoft.com/_#

4. Slack
Untuk keperluan rapat online, aplikasi ini lebih lengkap fiturnya dengan menggunakan versi desktop. Selain itu slack ini dapat terintegrasi langsung dengan aplikasi rapat online seperti join me maupun aplikasi zoom.

5. Skype
Hingga saat ini, skype mampu menampung 50 orang dalam sekali panggilan. Dapat diakses langsung melalui www.skype.com/en/free-conference-call

Selain 5 aplikasi di atas, masih sangat banyak aplikasi lainnya yang memiliki fitur-fitur yang serupa, namun selama ini penulis yang paling sering banyak menemui menggunakan aplikasi - aplikasi tersebut di atas.

Share/Bookmark

Ingin mendapatkan artikel seperti ini? Silahkan masukkan alamat email Anda untuk berlangganan.

Privacy guaranteed. We'll never share your info.

Artikel yang berhubungan :

0 komentar:

Posting Komentar

Demi kenyamanan pembaca, komentar yang tidak berhubungan dengan konten, dengan terpaksa akan dihapus tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Terima kasih.

Kritik dan saran silahkan sampaikan di sini atau di situ
Posting Sebelumnya Beranda

Kolom Komunitas