Tutorial Pembelajaran dari seorang ToPu yang ingin berbagi ilmu yang telah didapatkan selama hidup secara perlahan tapi bermanfaat bagi seluruh umat manusia.
Dapatkan Update Status Terbaru dari ToPu. Follow my twitter @tatopu

Pilih Sistem Operasi Sesuai Kebutuhan

Sistem operasi merupakan sekumpulan beberapa program yang mengelola hardware yang ada di komputer. Dengan adanya sistem operasi ini, maka pengguna dapat dengan leluasa untuk menggunakan aplikasi-aplikasi yang tentu saja sesuai dengan platform sistem operasi tersebut. Ada beberapa sistem operasi yang dapat digunakan saat ini seperti macOS, Linux serta Windows dengan masing-masing distro dan versi yang berbeda. Pada pembahasan kali ini akan dibatasi pada sistem operasi windows dan linux saja karena sangat banyak pengguna yang menggunakan sistem operasi tersebut. Telah banyak artikel yang membahas mengenai kelebihan dan kekurangan kedua sistem operasi tersebut dan alhasil banyak pro kontra baik itu yang mendukung windows karena sudah sangat nyaman dengan windows dan juga sebaliknya. Hal tersebut lantas tidak terlepas dari pengguna untuk menentukan atau memilih sistem operasi yang akan digunakannya sesuai dengan kebutuhan.

Bila dikatakan bahwa linux lebih baik dari ubuntu, maka hal tersebut hanya akan menjadi keributan antara penggemar windows dan linux begitu pula sebaliknya. Oleh karena itulah pembahasan kali ini agar pengguna dapat memilih sistem operasi yang sesuai dengan kebutuhan untuk diinstalkan ke komputer dan tidak ada lagi statement "yang ini lebih baik dan yang itu lebih buruk". Solusi untuk dapat menentukan yang mana sistem operasi yang benar-benar tepat untuk sang pengguna, maka perlu ditinjau dari berbagai aspek yang meliputi:

1. Budget

Sudah hal yang wajar dan sangat sensitif kalau sudah membicarakan mengenai budget. Harga dari windows saja dapat dibilang relatif mahal apalagi untuk kalangan mahasiswa. Yang menjadi masalah adalah bila budget kita terbatas apakah kita masih memaksakan kehendak untuk membajak windows??? Tentu setiap orang dalam menjawab pertanyaan ini memiliki jawaban yang berbeda-beda. Namun Saya sangat yakin bahwa setiap orang yang memakai windows bajakan mempunyai rasa bersalah, yah walaupun itu sangat kecil sekali. Untuk kalangan mahasiswa, biasanya telah disediakan oleh universitas lisensi microsoft(MSDNAA).




Terakhir cek lisensi tersebut hanya berlaku 24 bulan tapi Saya masih belum mencobanya apakah hanya 24 bulan atau bisa selamanya. Akhir kata untuk aspek dari budget ini sangat berkaitan erat dengan bagaimana etika dan moral setiap individu bekerja.

2. Kebutuhan

Bagi para "gamers", tentu akan sangat merasakan perbedaan game di linux dan di windows. Yups, Sebagian besar pembuat game menggunakan platform windows untuk menjalankan game yang dibuatnya. Namun kembali pada poin pertama di atas, game-game yang besar seperti PES, CS, Crysis, dll semuanya memiliki lisensi yang tidak murah. Hanya game-game kecil yang gratis kalau ada yang besar dan gratis itupun biasanya sangat sedikit. Bagi yang memiliki budget banyak, Saya sangat merekomendasikan windows genuine.

3. Tampilan "User friendly"

Tidak diragukan lagi bagi para pengguna windows lama akan sedikit kesulitan dalam mengoperasikan maupun mengkonfigurasi linux. Namun hal tersebut diatasi dengan memilih distro liux yang memiliki jumlah pengguna yang banyak serta disediakan forum2 untuk tanya jawab sehingga memudahkan pengguna untuk menggunakan linux. Dalam hal tampilan, Linux tidak kalah hebat dengan windows, bahkan linux sekarang ini sudah ada yang full 3D animasi dan efek.

Tentu dari ketiga aspek tersebut dapat disimpulkan yang manakah pilihan tepat sesuai dengan kebutuhan kita. Linux dan windows memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Windows terbaru "masih beta" kalau tidak salah windows 8. Trial 30 hari... Pada saat artikel ini dibuat, penulis menggunakan sistem operasi linux dan sangat nyaman...

Kesimpulan:
1. Bila sangat terganggu dengan ketidak nyamanan lisensi yang berbayar maka sangat dianjurkan untuk menggunakan sistem operasi yang open source
2. Bagi yang sudah menggunakan windows genuine, usahakan untuk tetap menggunakan aplikasi yang genuine pula...

Apapun yang penulis ungkapkan semuanya akan kembali pada pengguna individu masing-masing. Apakah yang menggunakan bajakan tetap menggunakan bajakan, yang menggunakan windows genuine namun di dalamnya terinstal aplikasi bajakan atau beralih ke opensource.

Share/Bookmark

Ingin mendapatkan artikel seperti ini? Silahkan masukkan alamat email Anda untuk berlangganan.

Privacy guaranteed. We'll never share your info.

Artikel yang berhubungan :

3 komentar:

socafahreza's blog mengatakan...

saya sih pakek windows xp..
enak soalnya enteng :)..

al kahfi mengatakan...

sistem di laptop sy sih saat ini win7home basic,, ingin di tuker ke xp sj cuma takut tdk kompatible hardwarenya

Rama88 mengatakan...

kalo saya masih setia sama windows sob,, belom bisa kelain hati seperti linux or ubuntu,, hehe,

Kritik dan saran silahkan sampaikan di sini atau di situ
Posting Selanjutnya Posting Sebelumnya Beranda

Kolom Komunitas