Tutorial Pembelajaran dari seorang ToPu yang ingin berbagi ilmu yang telah didapatkan selama hidup secara perlahan tapi bermanfaat bagi seluruh umat manusia.
Dapatkan Update Status Terbaru dari ToPu. Follow my twitter @tatopu

Pemanfaatan Teknologi AR

Buku merupakan salah satu media penting dalam pembelajaran. Saat ini kita mengenal buku sebagai kumpulan kertas berisi tulisan dan gambar yang kemudian dijilid menjadi satu. Perkembangan teknologi kemudian membuat kita mungkin perlu me-redefinisi ulang pemahaman sebuah buku. Kini mulai banyak ditemukan buku dengan format digital, tidak lagi menggunakan kertas. Lebih dari itu, buku digital atau lazimnya disebut eBook ini tak lagi hanya berisi tulisan dan gambar, tapi juga multimedia.

Perkembangan lebih baru lagi adalah dengan munculnya teknologi augmented reality (realita tertambah) atau sering juga disebut teknologi AR. Secara definisi AR adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata.

Aplikasi dan perangkat yang digunakan dalam pemanfaatan teknologi AR ini bermacam-macam. Dalam konteks pembicaraan tentang buku, kini kita tidak hanya dapat membaca atau melihat tampilan buku yang berupa dua dimensi, tapi dapat melihat dan membacanya dalam bentuk tiga dimensi atau 3D.

Perangkat pembaca yang digunakan dapat berupa sebuah kacamata khusus yang disebut Virtual retinal displays (VRD) atau yang paling sederhana adalah dengan web kamera (webcam) yang dihubungkan komputer. Sebagai contoh, apabila kita membaca sebuah buku tentang struktur, maka informasi yang ditampilkan tidak hanya teks dan gambar dua dimensi saja melainkan juga menampilkan gambar 3D struktur bumi berapi lengkap dengan simulasi jika bumi diputar atau dibelah.
Nama Penulis: Tamimuddin, Tanggal terbit: 8 Agustus 2011
Didukung oleh: Central Programmer,
<a href="http://centralprogrammer.com">Central Programmer</a>

Secara fisik gambar bumi ini mungkin hanya sebuah tanda atau disebut marker yang dicetak mirip seperti barcode di salah satu bagian di halaman buku. Untuk melihat tampilan 3 D gambar tersebut, kita harus menggunakan kaca mata VRD atau dengan mengarahkannya ke webcam. Tampilan 3 D akan terlihat melalui kacamata VRD atau di layar komputer (jika menggunakan webcam). Jika buku diputar, gambar 3 D ini akan menyesuaikan posisinya. Lihat salah satu video demonya di tinyurl.com/buku3d.

Dalam pembelajaran, teknologi ini tentu sangat bermanfaat karena dapat memberikan informasi yang lebih jelas dan nyata. Bayangkan apabila kita belajar tentang struktur bumi atau Dinosaurus, begitu buku dibuka maka akan tampil gambar 3 D disertai animasi serta penjelasan multimedianya.

Untuk mencoba bagaimana menggunakan atau membuat buku 3D berbasis teknologi AR ini, silakan mengakses http://www.zooburst. com. Website ini memberikan layanan untuk membuat sebuah pop-up book yang merupakan bentuk buku berbasis AR yang sederhana. Kita dapat memasukkan gambar dan teks ke buku yang akan kita buat (untuk versi berbayarnya kita dapat juga memasukkan suara). Kita juga dapat mencoba mengakses buku-buku yang sudah ada. Di antaranya menggunakan mouse dan kita dapat memutar buku sekehendak kita.

Selain itu kita juga diberi pilihan untuk mengaksesnya menggunakan webcam. Caranya kita cetak dulu marker yang berupa gambar segi empat dan setelah itu menghadapkan marker yang sudah dicetak itu di webcam, otomatis marker tersebut di layar komputer akan berubah menjadi pop-up book 3D yang dapat kita gerak-gerakkan. Kita bahkan dapat membolak-balik buku virtual ini dengan gerakan tangan (goo.gl/pCGt6).

Teknologi AR ini masih cukup dini dan belum banyak diaplikasikan, terutama karena perangkat yang relatif masih mahal. Namun, ke depan pasti akan banyak bermunculan teknologi berbasis AR, khususnya buku-buku yang telah dilengkapi teknologi AR ini.

Share/Bookmark

Ingin mendapatkan artikel seperti ini? Silahkan masukkan alamat email Anda untuk berlangganan.

Privacy guaranteed. We'll never share your info.

Artikel yang berhubungan :

Kritik dan saran silahkan sampaikan di sini atau di situ
Posting Selanjutnya Posting Sebelumnya Beranda

Kolom Komunitas