Tutorial Pembelajaran dari seorang ToPu yang ingin berbagi ilmu yang telah didapatkan selama hidup secara perlahan tapi bermanfaat bagi seluruh umat manusia.
Dapatkan Update Status Terbaru dari ToPu. Follow my twitter @tatopu

Dengar Musik yang Hemat Listrik

Pada era modern sekarang ini, banyak kegiatan sehari-hari yang tidak terlepas dengan penggunaan listrik. Mulai dari tuntutan pekerjaan, bahkan hingga sampai pada kegiatan santai. Salah satu kegiatan santai itu adalah mendengarkan musik. Musik memang bisa menjadi obat stres di tengah penatnya pekerjaan. Sehingga tidak jarang banyak orang yang menggunakan komputer untuk memainkan lagu-lagu sebagai pengantar tidur.

Mendengarkan musik sebagai pengantar tidur bukanlah hal yang salah. Apabila sudah terlelap tidur namun komputer masih terus menyala memainkan lagu-lagu yang berada di playlist, tentu hal ini akan membuat konsumsi listrik menjadi boros.
Nama Penulis: Romadhoni, Tanggal terbit: 8 Agustus 2011
Didukung oleh: Central Programmer,
<a href="http://centralprogrammer.com">Central Programmer</a>

Loh kenapa boros?kan konsumsi listrik tidak terlalu besar? Iya, itu jika anda sendiri yang melakukan kegiatan seperti itu. Lalu, bagaimana jika ada banyak orang yang melakukan hal seperti itu?. Nah, Media Player Classic (MPC) bisa menjadi solusinya.

MPC merupakan salah satu software untuk memutar file audio-video yang banyak digunakan oleh pengguna komputer. Di balik tampilannya yang sederhana, ternyata MPC mempunyai banyak fitur atau fungsi dan salah satu fungsinya bisa menjadi solusi permasalahan di atas.

MPC dapat otomatis men-shut down komputer atau hanya sekadar membuat komputer stand by. Caranya tidak sulit. Pertama adalah, masukkan/men-drag lagu-lagu yang ingin anda dengarkan ke dalam playlist. Untuk melihat playlist bisa anda tekan tombol ctrl+7 atau view-playlist. Hal yang perlu diingat adalah jumlah lagu yang dimasukkan jangan terlalu banyak (kira-kira setelah playlist habis, anda sudah tidur). Lalu pilih tab-Play kemudian pilih after playback, pilih opsinya. Yaitu, close (menutup aplikasi MPC), stand by (me-stand by komputer), hibernate (me-hibernate komputer), shutdown (me-shut down komputer), log off (me-log off komputer),do nothing, tidak melakukan apa-apa. Jadi maksud dari perintah ini adalah, setelah selesai playlist dimainkan, otomatis MPC akan melakukan sesuai opsi perintahnya.

Share/Bookmark

Ingin mendapatkan artikel seperti ini? Silahkan masukkan alamat email Anda untuk berlangganan.

Privacy guaranteed. We'll never share your info.

Artikel yang berhubungan :

Kritik dan saran silahkan sampaikan di sini atau di situ
Posting Selanjutnya Posting Sebelumnya Beranda

Kolom Komunitas