Tutorial Pembelajaran dari seorang ToPu yang ingin berbagi ilmu yang telah didapatkan selama hidup secara perlahan tapi bermanfaat bagi seluruh umat manusia.
Dapatkan Update Status Terbaru dari ToPu. Follow my twitter @tatopu

Import File MDB ke MySQL

File database MS Access yang berekstensi MDB tentu membutuhkan MS Access untuk mengakses database tersebut dan dari MS Access sendiri bukanlah software atau perangkat lunak yang gratis melainkan berbayar. Yang mampu membeli produk dari salah satu produk microsoft ini tentu tidak masalah, namun bagi yang pelajar, mahasiswa??? Jangan khawatir, karena untuk masalah tersebutlah tutorial ini dibahas. MySQL yang pada situs resminya bertuliskan bahwa software ini "under GPL" memberikan solusi untuk dapat mengimport file database MS Access dan nantinya file databse tersebut dapat diakses melalui database dari MySQL. Untuk dapat mengimport file databse MS Access ke dalam MySQL ini tentu akan memerlukan software dari MySQL yaitu MySQL Migration Toolkit. Software tersebut dapat diunduh melalui situs resminya langsung dari MySQL dan yang lebih penting lagi bahwa software tersebut dapat diunduh dan digunakan secara gratis.

Setelah MySQL Migration Toolkit terinstal pada komputer, jalankan software tersebut dan ikuti langkah demi langkah seperti gambar di bawah ini.


Bila semua langkah telah selesai dengan baik, maka hal terakhir adalah mengecek apakah database tersebut telah tersimpan pada database MySQL. Ada banyak cara untuk mengecek maupun mengakses database yang telah diimport melalui MySQL Migration Toolkit, salah satunya adalah menggunakan konsole. Berikan perintah show databases; untuk melihat daftar database pada MySQL dan perintah show tables; untuk menampilkan daftar tabel pada database yang telah kita pilih seperti gambar di bawah ini;

Share/Bookmark

Ingin mendapatkan artikel seperti ini? Silahkan masukkan alamat email Anda untuk berlangganan.

Privacy guaranteed. We'll never share your info.

Artikel yang berhubungan :

Kritik dan saran silahkan sampaikan di sini atau di situ
Posting Selanjutnya Posting Sebelumnya Beranda

Kolom Komunitas