Tutorial Pembelajaran dari seorang ToPu yang ingin berbagi ilmu yang telah didapatkan selama hidup secara perlahan tapi bermanfaat bagi seluruh umat manusia.
Dapatkan Update Status Terbaru dari ToPu. Follow my twitter @tatopu

Akses Navigasi GPS Secara Gratis

Dalam tutorial ini akan dibahas bagaimana cara untuk mendapatkan akses navigasi GPS secara gratis. Akses navigasi GPS merupakan layanan yang dapat membantu dalam perjalanan. Alat navigasi ini dapat menentukan arah, mencegah serta memperkecil resiko tersesat saat berada dalam perjalanan. Bila teman - teman memiliki telepon genggam yang terdapat fasilitas GPS namun tidak dipergunakan hanya karena ingin menghemat sungguh sangat disayangkan. Secara normal, untuk mengakses atau memanfaatkan fitur GPS agar dapat dipergunakan secara utuh tentu membutuhkan sinyal GPRS ataupun 3G. Sudah menjadi hal yang sangat wajar apabila menggunakan GPRS maupun 3G ini akan membutuhkan biaya, lebih tepatnya sering disebut dengan pulsa. Namun dengan beberapa langkah dan beberapa program / software / perangkat lunak yang dibutuhkan, akses navigasi GPS dari telepon genggam dapat dinikmati secara gratis. Sebelum menerapkan langkah - langkah untuk dapat mengakses layanan GPS ini secara gratis, ada beberapa alat hardware maupun software yang perlu dipersiapkan.

Yang perlu diperhatikan sebelum melakukan langkah - langkah untuk mendapatkan akses navigasi GPS secara gratis antara lain:
  • Telepon Genggam yang memiliki fasilitas GPS internal berbasiskan android.

  • Program yang dapat digunakan untuk menikmati layanan akses navigasi GPS secara gratis. Program ini ada yang komersial, trial dan gratis. Beberapa program yang dapat dicoba antara lain Ndrive, Sygic, Germin, Navitel dan Papago. Tutorial kali ini akan menggunakan program Navitel. Untuk menginstall program ini pada android, Program dapat diunduh melalui download.navitel.su

  • Program selanjutnya yang juga diperlukan adalah peta Indonesia yang program ini dapat diunduh melalui alamat web navigasi.net

  • Program tambahan (additional), bila menginginkan program dalam bahasa Indonesia, maka install program yang dapat diunduh di navitel.md/download/0421 yang filenya bernama Indonesia(SPX).zip

Jika persyaratan di atas telah terpenuhi, maka langkah - langkah yang harus dilakukan adalah menginstal seluruh program di atas pada telepon genggam android dengan cara kumpulkan seluruh program ke dalam satu folder yang dinamakan dengan folder navigasi. Kemudian salin folder navigasi tersebut ke dalam memory telepon genggam android. Install program pada telepon genggam android.

Setelah program selesai terinstal pada telepon genggam android, maka buka applikasi navitel tersebut. Perlu diketahui bahwa cara kerja dari program navitel ini adalah secara offline. Inilah sebabnya sehingga akses navigasi GPS pada telepon genggam android yang memiliki fitur GPS dapat diakses secara gratis. Berhubung program dari navitel ini bekerja secara offline sehingga program ini perlu untuk me-load seluruh file - file yang dibutuhkan. Setelah program berjalan secara sempurna pada telepon genggam android, langkah terakhir untuk mendapatkan layanan akses navigasi GPS secara gratis ini adalah menghubungkan program ini dengan peta Indonesai yang telah dipersiapkan.

Pilih menu pada program Navitel, Setting - Map - Open Atlas kemudian arahkan path ke dalam folder navigasi, Create Atlas. Tunggu hingga 33 maps terdeteksi. Setelah semua selesai, maka program dengan akses navigasi GPS secara gratis dapat dipergunakan kapanpun dan dimanapun. Untuk menjalankannya, Hidupkan GPS internal pada telepon genggam android dan buka program navitel. Program telah siap untuk dipergunakan. Demikian semoga bermanfaat.

Share/Bookmark

Ingin mendapatkan artikel seperti ini? Silahkan masukkan alamat email Anda untuk berlangganan.

Privacy guaranteed. We'll never share your info.

Artikel yang berhubungan :

Kritik dan saran silahkan sampaikan di sini atau di situ
Posting Selanjutnya Posting Sebelumnya Beranda

Kolom Komunitas