Tutorial Pembelajaran dari seorang ToPu yang ingin berbagi ilmu yang telah didapatkan selama hidup secara perlahan tapi bermanfaat bagi seluruh umat manusia.
Dapatkan Update Status Terbaru dari ToPu. Follow my twitter @tatopu

Software Manajemen Proyek

Sebenarnya ada banyak sekali tutorial - tutorial yang ingin Saya sampaikan namun berhubung sebagian besar telah dibahas oleh blogger - blogger lainnya, maka menurut hemat saya hal itu menjadi tidak efektif apalagi materi yang disampaikan sama saja. Oleh karenanya, Saya hanya membahas tutorial maupun pembelajaran yang belum atau masih sedikit yang membahasnya namun diperlukan oleh banyak orang. Software manajemen proyek menjadi pilihan yang tepat, melihat dari beberapa pencarian masih sedikit yang membahas mengenai hal ini.

Dilihat dari namanya, Software Manajemen Proyek, merupakan software yang membantu para manajer dalam menangani suatu proyek.
Keuntungan yang didapat dari software ini antara lain
  • Pembuatan outline dan memasukkan task - task proyek yang lebih mudah

  • Mempermudah editing maupun pengaturan durasi (timing) dari setiap task serta dependencies antar task.

  • Mempermudah pengaturan resources

  • Dapat melakukan tracking (Realisasi dari pekerjaan proyek sampai sejauh mana proyek telah dikerjakan)

  • Berbagai fasilitas untuk digunakan sebagai pelaporan

Selanjutnya pemilihan software dari manajemen proyek menjadi salah satu hal yang penting sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan kita. Ada dua jenis software, yang open source serta yang komesial. Bila ada uang lebih, maka tidak ada salahnya untuk mencoba setelah membeli produk software dari microsoft yaitu MsProject. Namun, bila kebutuhan atau kemampuan finansial kita tidak cocok untuk software komersial ini maka saran Saya jangan dipaksakan yang pada ujungnya orang akan membajak software tersebut. Ada solusi yang sangat bagus bila tidak dapat softawre MsProject. Software dari Open Source juga tidak kalah jauh dibanding dengan software komersial tersebut. Software opensource yang dimaksud adalah OpenProj.

Sebenarnya masih ada beberapa software opensource yang dapat mengelola suatu proyek, namun Saya lebih merekomendasikan menggunakan OpenProj. Walaupun software ini tergolong opensource, namun ada beberapa fitur yang dikomersialkan. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Karena terlalu asik dengan game pokemon fire red jadinya muncul gambar seperti ituBig Grin. Bila teman - teman mengalami kejenuhan atau perlu hiburan, maka game ini sangat Saya rekomendasikan. Pada awalnya Saya melihat game ini, langsung terlintas bahwa game ini hanyalah mainan anak - anak kecil belaka. Namun setelah Saya coba, game ini sangat mengasyikkan dengan adanya story line, pertarungan, koleksi pokemon serta mencari berbagai informasi dari berbagai karakter yang ada di sana. Setelah tamat atau game selesai pun masih ada kelanjutannya dan ini sangat menarik, di sinilah kelebihan game ini, game yang pertama kali dikeluarkan pada GBA. Yang teman - teman butuhkan untuk memainkan game ini hanyalah GBA dan room dari pokemon fire red. Silahkan untuk googling bila memang berminat. Kembali ke topik permasalahan, gambar di bawah ini sekaligus akan menutup artikel yang telah Saya buat. Sekian dan semoga bermanfaat.

Share/Bookmark

Ingin mendapatkan artikel seperti ini? Silahkan masukkan alamat email Anda untuk berlangganan.

Privacy guaranteed. We'll never share your info.

Artikel yang berhubungan :

Kritik dan saran silahkan sampaikan di sini atau di situ
Posting Selanjutnya Posting Sebelumnya Beranda

Kolom Komunitas