Tutorial Pembelajaran dari seorang ToPu yang ingin berbagi ilmu yang telah didapatkan selama hidup secara perlahan tapi bermanfaat bagi seluruh umat manusia.
Dapatkan Update Status Terbaru dari ToPu. Follow my twitter @tatopu

Cara Mempercantik Blog dengan Widget

Beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mempercantik blog yaitu dengan penambahan gadget atau widget blog. Cara untuk menambahkan gadget blog di setiap engine tentu berbeda-beda. Engine yang dimaksudkan di sini seperti wordpress, blogspot, joomla, drupal, atau masih banyak lagi dan biasanya sering disebut sebagai CMS.

Cara untuk menambahkan widget di blogspot adalah dengan menambahkan bagian widget ke dalam sidebar, post, header maupun footer. Terdapat beberapa pilihan untuk menambahkan widget di blogspot. Ada gadget yang sudah disediakan oleh blogger dimana kita sebagai pengguna tinggal memakainya saja namun ada juga yang dapat kita buat sendiri. Misalnya jika kita ingin membuat gadget blog dari javascript-html atau menampilkan film, musik yang embedded. Setelah selesai menambahkan widget tersebut maka jangan lupa untuk menyimpannya. Setelah widget benar-benar sudah terpasang maka untuk memastikan bahwa widget tersebut sudah berjalan dengan baik adalah dengan cara mengeceknya pada halaman yang telah diberi widget tersebut.

Untuk pemasangan widget selain blogger, seperti wordpress, joomla dkk yang biasanya cara pemasangannya hampir sama, perbedaannya hanya pada tata letak dimana widget tersebut ditemukan dan juga nama dari suatu gadget.
Nama Penulis: ToPu, Tanggal terbit: 11 Januari 2012
Didukung oleh: Tutorial Pembelajaran,
<a href="http://tutorial-pembelajaran.blogspot.com/">Tutorial Pembelajaran</a>
Gadget pada drupal bisanya dinamakan dengan block. Kita dapat meng-customisasi drupal sesuai keinginan kita. Mulai dari tag-tag html, javascript, bahkan dapat juga memasang script dari php yang fasilitas ini tidak akan ditemukan pada blogger atau yang memiliki server yang berbeda selain sejenis apache.

Dengan gadget blog itulah yang menampilkan perlengkapan blog dengan fungsi yang berbeda-beda sehingga dapat mempercantik blog tersebut. Sebenarnya jika diperdalam lagi mengenai gadget blog ini, fungsi dari gadget blog sebenarnya melebihi dari hanya sekedar untuk mempercantik blog. Gadget blog ini akan menjadi optimal saat pengunjung blog maupun pengelola blog memanfaatkan fasilitas dari gadget blog tersebut atau jika pada sisi pengunjung, pengunjung dapat menggunakan fasilitas yang telah disediakan melalui gadget blog untuk mempermudah suatu aktifitas.

Share/Bookmark

Ingin mendapatkan artikel seperti ini? Silahkan masukkan alamat email Anda untuk berlangganan.

Privacy guaranteed. We'll never share your info.

Artikel yang berhubungan :

Kritik dan saran silahkan sampaikan di sini atau di situ
Posting Selanjutnya Posting Sebelumnya Beranda

Kolom Komunitas