Tutorial Pembelajaran dari seorang ToPu yang ingin berbagi ilmu yang telah didapatkan selama hidup secara perlahan tapi bermanfaat bagi seluruh umat manusia.
Dapatkan Update Status Terbaru dari ToPu. Follow my twitter @tatopu

Cara Cepat Salin Dokumen

Di antara kita pasti pernah mengalami menyalin dokumen terlalu lama, padahal kapasitas dokumen tersebut juga tidak begitu besar bukan. Proses menyalin file dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Beberapa diantaranya adalah spesifikasi komputer yang digunakan. Semakin bagus spesifikasi (RAM, prosesor, VGA, dll) komputer, semakincepat pula proses menyalin file. Selain itu, cepat lambatnya menyalin juga dapat dipengaruhi oleh bad sector yang terdapat pada hardisk atau flash disk.

Bad sector adalah kondisi error secara software yang terdapat pada media penyimpanan. Biasa diatasi dengan program perbaikan bad sector yang dapat diunduh di internet seperti HD Tone dan lain sebagainya. Lama proses menyalin juga dipengaruhi oleh kualitas dokumen. Biasanya jika terdapat beberapa dokumen yang 'kritis' atau corrupt, itupun dapat menghambat proses menyalin dokumen, terkadang muncul dialog untuk melewati skip dokumen pada windows.

Untuk mengatasi hal tersebut, ada satu aplikasi yang layak untuk dicoba dalam mempercepat proses menyalin file. Nama aplikasi tersebut adalah Tera Copy. Di dalam websitenya, program teracopy adalah suatu program yang ringkas yang dirancang untuk menyalin dengan kecepatan maksimal.
Nama Penulis: Triyanto, Tanggal terbit: 23 Juli 2011
Didukung oleh: Central Programmer,
<a href="http://centralprogrammer.com">Central Programmer</a>

Ada dua versi yang ditawarkan untuk pengguna program ini, pertama teracopy pro atau yang berlisensi dan yang kedua teracopy yang free alias gratis. Terdapat juga teracopy yang dapat digunakan di komputer mana saja tanpa harus instal aplikasi tersebut, alias disebut dengan teracopy portable. Program ini support sistem operasi Windows XP, Vista dan 7.

Kapasitasnya juga tergolong kecil, karena hanya berukuran 1,70 MB saja. Program ini dapat diunduh pada website resminya di codesector.com/teracopy.php. Program teracopy ini memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh proses menyalin yang ada pada windows. Beberapa keunggulan yang patut diacungi jempol dari program ini adalah proses penyalinan yang maksimal, proses penyalinan data dapat dihentikan sementara maupun dilanjutkan kembali.

Apabila ada file yang error atau corrupt saat proses menyalin, teracopy akan mencoba menyalinnya kembali hingga beberapa kali. Namun jika tidak bisa, kita dapat melewati skip file tersebut dalam proses penyalinan. File yang gagal saat proses penyalinan akan diperlihatkan oleh teracopy dalam list khusus sehingga dapat mengetahui dokumen yang tidak tersalin. Menyalin dokumen sesama pengguna komputer memang sudah menjadi kebiasaan, baik itu dokumen, video, mp3, aplikasi dan gambar.

Sementara itu, media penyimpanan portable seperti flash disk sampai artikel ini ditulis sudah ada beberapa yang mendukung atau support usb 3.0 yang pastinya lebih cepat dibandingkan dengan usb 2.0. Rata - rata kecepatan read dan write dari flash disk usb 2.0 maksimal berkisar 12 dan 20 MB/s.

Share/Bookmark

Ingin mendapatkan artikel seperti ini? Silahkan masukkan alamat email Anda untuk berlangganan.

Privacy guaranteed. We'll never share your info.

Artikel yang berhubungan :

Kritik dan saran silahkan sampaikan di sini atau di situ
Posting Selanjutnya Posting Sebelumnya Beranda

Kolom Komunitas