Tutorial Pembelajaran dari seorang ToPu yang ingin berbagi ilmu yang telah didapatkan selama hidup secara perlahan tapi bermanfaat bagi seluruh umat manusia.
Dapatkan Update Status Terbaru dari ToPu. Follow my twitter @tatopu

Kupas Tuntas Permasalahan Alat Pembayaran Online dan Pembelajaran 2010

Sebelum Saya mulai pembahasan mengenai alat pembayaran online serta Pembelajaran 2010 yang akan segera berakhir digantikan dengan tahun 2011, Saya ingin mengucapkan selamat hari natal 2010 dan tahun baru 2011 bagi yang merayakannya Party dan tak lupa Saya ucapkan terima kasih atas perhatiannya kepada para pembaca, teman - teman yang masih setia maupun pengunjung blog tutorial pembelajaran. Hal ini mendorong Saya untuk dapat menampilkan aritkel - artikel tutorial maupun pembelajaran yang berkualitas dan bermanfaat bagi teman - teman semuanya. Karena Saya membuat sebuah artikel dengan penuh pemikiran dan pertimbangan, tentu harapan Saya kepada para teman - teman semuanya untuk membaca artikel secara urut dan sampai selesai sehingga dapat bermanfaat bagi teman - teman maupun bagi diri Saya pribadi. Silahkan menikmati tutorial ini, sempatkanlah waktu puluhan menit untuk memahami artikel ini dan semoga bermanfaat bagi teman - teman.Coffee

Sebenarnya sangat banyak sekali permasalahan mengenai pembayaran online ini dan Saya ingin kupas tuntas masalah ini dalam satu artikel ini sehingga apabila teman - teman memiliki pengalaman mengenai pembayaran online, teman - teman dapat berbagi melalui kolom komentar di bawah setelah artikel ini selesai. Saya akan mencoba menguraikan semua permasalahan pembayaran yang akan saya batasi hanya pada alat pembayaran alertpay dan paypal, untuk alat pembayaran lain seperti liberty R.(LR), Nettler, dan sebagainya mungkin akan Saya bahas di lain waktu jika teman - teman memang membutuhkannya.

Selama Saya menjelajahi blognya teman - teman mengenai cara mendaftar alertpay, Saya masih banyak menemukan cara pendaftaran yang lama dari alertpay di lain pihak alertpay sekarang sudah mengubah beberapa tata cara pendaftarannya maupun cara verifikasinya. Berikut cuplikan pendaftaran dari alertpay dari langkah - langkah secara terurut. Saya yakin teman- teman sudah pada mengerti tanpa perlu penjelasan Saya dan hanya dengan melihat langkah - langkah berikut ini.

















Perlu diketahui bahwa verifikasi alertpay sekarang sudah tidak sesulit verifikasi seperti cara terdahulu. Teman - teman hanya tinggal memasukkan nomor hp kemudian sistem dari alertpay akan mengirimkan sms kepada teman - teman melalui nomor hp yang telah dimasukan tadi yang berisi kode verifikasi. Masukan kode verifikasi tersebut ke dalam kolom verifikasi. Setelah sukses, maka akun teman - teman akan segera terverifikasi dengan otomatis.

Kembali ke topik, bahwa akan banyak sekali masalah - masalah yang akan dihadapi dalam hal pembayaran online ini terutama dari alat pembayaran menggunakan Paypal. Paypal? Ya, karena metode pembayaran inilah yang sering kali ditemui banyak masalah dilihat dari beberapa pengalaman - pengalaman dari para blogger lainnya maupun diri Saya pribadi. Lalu apakah alertpay dan alat pembayaran lainnya tidak ditemukan masalah dalam hal pembayaran online? Tentu saja ada, namun permasalahan tersebut tidak sebanyak dan sedetail dari metode pembayaran dari paypal. Daftar masalah pembayaran online melalui AP dan PP dapat teman - teman lihat di bawah ini :

1. Verifikasi Paypal
Verifikasi paypal dapat menggunakan beberapa cara, salah satunya adalah menggunakan nomor kartu kredit, visa, master card, atau yang lainnya. Beberapa tahun yang lalu, Paypal memperbolehkan para "nasabahnya" untuk memverifikasi paypal dengan menggunakan akun bank lokal, namun cara tersebut sekarang sudah tidak digunakan lagi. Tidak sedikit diantara para blogger untuk menggunakan virtual card atau lebih dikenal dengan VCC. Apakah memverifikasi paypal dengan VCC sama dengan kartu kredit yang lainnya? Boleh dibilang sama ketika hanya kita gunakan untuk memverifikasi Paypal, namun tentu terdapat perbedaannya. Jika dilihat dari namanya saja "virtual" maka itu hanyalah berupa seperti bahasa mudahnya "imagination" atau khayalan yang dibuat mirip nyata dengan yang aslinya. Jika menggunakan kartu, maka akan lebih incredible, kita dapat menunjukannya tidak seperti menggunakan VCC dan masih banyak lagi hal - hal yang membedakan VCC dan kartu kredit.

2. "Paypal Acces Account Limited"
Hal - hal yang tidak dapat kita lakukan ketika akun paypal kita limited adalah mengirimkan uang, transfer dari akun paypal kita ke akun bank lokal kita. Namun jangan khawatir karena kita masih dapat menerima pembayaran dari siapapun. Ada banyak sekali alasan kenapa akun paypal kita limited. Alasan - alasan tersebut biasanya akan kita temukan saat kita login ke paypal dan pada bagian resolution center. Penting sekali untuk diketahui oleh teman - teman bahwa teman - teman perlu bersabar ketika akan menyelesaikan limited akun karena yang teman - teman hadapi di sini bukanlah mesin namun manusia yang memiliki emosi dan perasaan.

Sangat mungkin terjadi apabila teman - teman tidak bersabar atau mengirimkan kata - kata yang dapat menyinggung pihak paypal maka dari pihak paypal tidak segan - segan untuk menutup akun dari teman - teman.

Masalah ini sering terjadi dan sering Saya temukan dari para pengalaman - pengalaman blogger lainnya yang akunnya telah ditutup oleh pihak paypal. Biasanya pengembalian jumlah uang yang ada di akun ketika sudah ditutup akan dikembalikan dalam jangka waktu paling cepat 6 Bulan. Oleh karena itu, perlu kesabaran dan kehati - hatian dalam menyelesaikan akun limited paypal karena Saya sendiri pernah mengalaminya. Hal - hal yang paling sering diminta oleh pihak paypal dalam mengatasi limit paypal adalah bukti pembayaran rekening, perubahan password, identitas diri maupun identitas di akun bank lokal.

Pemasukkan identitas akun bank lokal biasanya diminta 7 digit kode bank lokal. 7 digit kode bank tersebut diantaranya terdiri dari 3 digit kode bank tersebut dan 4 digit digit kode area bank tersebut. Berikut adalah daftar bank dan 3 digit dari kode masing - masing bank:

1 Bank BCA 014
2 Bank Mandiri 008
3 Bank BRI 002
4 Permata Bank 013
5 Bank Lippo 026
6 Bank Danamon 011
7 Bank Niaga 022
8 Bank BII 016
9 Bank Panin 019
10 Bank Bukopin 441
11 Bank NISP 028
12 Bank Mega 426
13 Bank Buana Ind 023
14 Bank Syariah Mandiri 451
15 Bank Ekonomi 087
16 Bank Bumiputera 485
17 Bank Ina Perdana 513
18 Bank Kesawan 167
19 Bank Mayapada 097
20 Bank Mestika 151
21 Bank Nagari 118
22 Bank Nusantara Parahyangan 145
23 Bank Syariah Mega 506
24 Bank UIB 536
25 Bank ABN Amro 052
26 Bank Maspion 157
27 Bank Sumsel 120
28 Bank Jatim 114
29 Bank Maluku 131
30 Bank Riau 119
31 Bank Commonwealth 950
32 Bank Muamalat 147
33 Bank DKI 111
34 Bank Jabar 110
35 Bank IFI 093
36 Bank Agro 494
37 Bank Artha Graha 037
38 Bank Artos Ind 542
39 Bank Arta Niaga Kencana 020
40 Bank Bumi Arta 076
41 Bank Eksekutif 558
42 Bank Haga 089
43 Bank Harda 567
44 Bank HS-1906 212
45 Bank Sumut 117
46 Bank Sulut 127
47 Bank Jasa Jakarta 427
48 Bank Lampung 121
49 Bank NTT 130
50 BPD Bali 129
51 BPD DIY 112
52 BPD Jambi 115
53 BPD Kalsel 122
54 BPD Kaltim 124
55 BPD NTB 128
56 BPD Sulsel 126
57 BPD Kalteng 125
58 BPD Aceh 116
59 BPD Papua 132

Sedangkan 4 digit selanjutnya adalah 4 digit terakhir kode cabang bank teman - teman. 4 digit terakhir tersebut dapat dilihat di buku tabungan, biasanya di awal buku tabungan. Misalnya Saya ambil contoh Bank BCA. Halaman pertama buku tabungan BCA tertera alamat dari bank cabang KCP Mangga Besar 0161 sehingga 7 digit kodenya adalah 0140161.

Selamat mengatasi akun limited paypal dan semoga berhasil. Apabila berhasil, biasanya paypal akan mengirimkan email yang berjudulkan "Your PayPal Account Access Has Been Restored".

3. Pembayaran dari akun paypal ke akun bank lokal
Pembayaran atau transfer balance dari paypal ke akun bank lokal memiliki beberapa ketentuan, antara lain;

• Transfer dari paypal ke bank lokal di bawah 1,5 Juta rupiah akan di kenakan biaya Rp.16.000 dan Transfer di atas 1,5 Juta Rupiah tak dikenakan biaya.
• Jika bank anda menolak transfer paypal, maka akan di potong biaya sebesar Rp.50.000.
• Transfer ke Bank dan Debit card di batasi maksimal $500 per hari dan minimal $10
• Proses transfer dari paypal masuk ke rekning bank dalam 4-5 hari kerja.

Tidak sedikit pula yang mengalami masalah, alias gagal dalam transfer balance paypal ke akun bank lokal. Apabila terjadi kegagalan, biasanya disebabkan karena nama, kode, atau identitas yang lainnya terkait akun bank lokal kita tidak sesuai. Kegagalan transfer menyebabkan uang yang kita kirimkan ke akun bank lokal tersebut akan menjadi berkurang dengan istilah lain bahwa uang yang kita kirimkan yang telah gagal sampai ke akun bank lokal akan dikembalikan ke balance paypal kita yang tentunya telah dipotong biaya dari kurs jual - beli pada saat itu.

Bila uang yang kita kirimkan dalam jumlah sedikit, maka bukan masalah yang berarti bagi kita. Namun masalahnya apabila uang yang kita kirimkan ratusan hingga ribuan dollar atau bahkan puluhan ribu dollar, maka bila terkena potongan kurs pada saat itu akan menjadi potongan yang sangat besar. Bisa "nangis getih" tuh kalau begitu kejadiannya...CryingRolling on the floor

4. Tarik kembali uang transfer di Paypal dan Alertpay
Hal ini bisa dilakukan (refunds) di beberapa alat pembayaran. Alertpay dan Paypal mendukung dan ada fasilitas untuk menarik kembali hasil transfer yang kita lakukan. Namun hal tersebut tidaklah mudah. Dari pengalaman pribadi Selama Saya bertransaksi, Saya belum pernah berhasil untuk mengambil kembali uang yang telah Saya kirimkan. Hal tersebut disebabkan karena dari proses tersebut dibutuhkan kerjasama dari kedua belah pihak, baik dari pengirim, maupun dari penerima uang tersebut.

Terlihat bahwa paypal lebih banyak masalah dibandingkan dengan alertpay dan alertpay pun sudah lebih dahulu ada dibandingkan dengan paypal. Lantas kenapa Paypal lebih terkenal dibandingkan dengan alertpay???, Kenapa Paypal direkomendasikan oleh banyak pebisnis online dari pada alertpay??? Kenapa Paypal lebih disukai???

Semua jawaban dari pertanyaan di atas tak terlepas jari kinerja maupun mekanisme dari paypal. Professionalisme dari pihak paypal juga mempengaruhi para pebisnis untuk memilih dan mempercayakan Paypal sebagai alat pembayarannya.

Terlepas dari tutorial di atas, kini saatnya Saya membahas mengenai pembelajaran 2010 yang disesuaikan dengan tema blog ini "Tutorial Pembelajaran" yang tidak hanya membahas mengenai tutorial saja, namun juga pembelajaran - pembelajaran yang sangat penting bagi kehidupan sehari - hari. Sudah sepantasnya dan sewajarnya untuk kita menengok beberapa kejadian yang telah terjadi sebelumnya sebelum kita menginjak 2011. Berbagai perencanaan kegiatan, impian, dan harapan yang akan kita gapai di 2011 adalah hal yang sangat penting. Saya akan mengangkat tema mengenai "Semangat" dalam pembelajaran 2010 kali ini.

Jika kita berbicara mengenai semangat maka seperti membicarakan sesuatu yang tidak ada habis - habisnya. Semangat menjadi peranan yang sangat penting dalam aspek kehidupan kita sehari - hari. Semangat memiliki ketertarikan yang sangat tinggi bagi semua orang. Tanpa semangat, apalah hidup ini. Semangat sangat mudah diucapkan akan tetapi sangat sulit untuk diterapkan. Banyak orang berkata "Semangat!", namun hal itu hanyalah sebagai sebuah simbolik ucapan semata. Semangat memang "misterious". Mudah datang, mudah pergi, susah dicari dan sudah dipertahankan. "Semangat" sangat berkaitan erat dengan kata "Malas". Mari kita bahas kedua hal tersebut...Smug

Ada beberapa "hadist" yang menyebutkan bahwa "Salah satu penyakit yang tidak memiliki obatnya adalah penyakit MALAS". Beberapa para ulama ataupun yang ada di Indonesia (MUI) yang membahas mengenai "Malas" inipun juga tidak menemukan titik terang. Akan Saya ceritakan sedikit pengalaman Saya yang terkait dengan semangat.

Sudah beberapa bulan yang lalu Saya kehilangan semangat Sad, semangat untuk makan, ...., bahkan semangat untuk hidup. Hal tersebut adalah hal yang paling mengerikan sepanjang sejarah hidup Saya. Semua aktivitas berjalan dengan normal mengikuti arus dan mengikuti keterpaksaan diri. Al hasil pendidikan Saya sangat melorot, kegiatan - kegiatan rutin Saya maupun bisnis Saya sangat turun drastis. Hal tersebut hanya dikarenakan oleh satu hal, yaitu "SEMANGAT". Suatu kata yang sangat mudah diucapkan oleh orang lain kepada kita, sebuah nasehat dan dorongan orang lain kepada kita, namun sangat susah untuk kita terapkan ke dalam diri kita masing - masing.

Percaya atau tidak percaya, cara untuk mengatasi rasa malas dan mendapatkan kembali semangat dalam diri teman - teman adalah berdasarkan cara dari teman - teman sendiri. Sangat sulit apabila cara dari salah seorang diterapkan ke orang lain untuk mendapatkan semangat tersebut.

Banyak para blogger yang membahas cara untuk mengatasi rasa malas dan membangkitkan semangat namun tidak satupun cara yang mereka bahas berhasil Saya terapkan. Oleh karena itu, ciptakanlah cara tersendiri untuk membangkitkan semangat, mempertahankan semangat agar tidak cepat hilang dan mengatasi atau mengantisipasi datangnya rasa malas. Saya sendiri menciptakan cara tersebut tidaklah cepat, butuh waktu dan proses. Jadi jangan putus asa dan mudah menyerah dalam mencari cara tersebut.

Bila hal tersebut telah berhasil teman - teman lakukan, percayalah bahwa teman - teman akan dapat menjalani kehidupan ini dengan lebih baik apapun itu hasilnya. Demikianlah pembahasan dari "Tutorial Pembelajaran" sekaligus pengalaman yang Saya dapat untuk Saya bagikan ke teman - teman semuanya agar semoga bermanfaat bagi teman - teman semuanya.Angel

Share/Bookmark

Ingin mendapatkan artikel seperti ini? Silahkan masukkan alamat email Anda untuk berlangganan.

Privacy guaranteed. We'll never share your info.

Artikel yang berhubungan :

34 komentar:

Tomo mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
'ngin mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
TUKANG CoLoNG mengatakan...

mengingat buruknya mekanisme pembelian tiket AFF kemaren, PSSI perlu belajar ilmu ini

Lina Marliana mengatakan...

ga jd komentar ahh.. coz sadis banget sih, 2 komentar diatasku pada dihapus semua.. Ntar jadi sepi lho blognya klo terlalu sadis gitu.. :D

Kang ToPu mengatakan...

@ Lina Marliana : Mulai saat ini Saya akan memperketat masukan komentar dari para teman - teman mengingat sebelumnya Saya telah berpesan berkali - kali bahwa untuk berkomentar sesuai dengan isi konten yang sedang di bahas.

"Demi kenyamanan pembaca, komentar yang tidak berhubungan atau tidak menyinggung sama sekali dengan konten, Saya akan hapus tanpa pemberitahuan terlebih dahulu."

Itu semua Saya lakukan untuk kemajuan dan ke"harmonisan" antara komentar dan konten yang sedang dibahas untuk para sahabat yang sedang menikmati konten tersebut.

Terima kasih.

RAMDHAN mengatakan...

Bagaimana dgn Security-nya gan??, jujur.. sampai saat ini Q masih ragu dgn administrasi keuangan Online..

Kang ToPu mengatakan...

1. Dari segi keamanan, Saya pernah bertanya kepada pakar jaringan online, beliau juga telah memiliki sertifikasi cisco, bahwa di dunia ini TIDAK ADA yang aman!!! Anda merasa aman karena itu perasaan yang Anda buat. Contoh sederhana: pintu yang telah dikunci tetap aja bisa dibobol oleh pencuri. Sama halnya pada keamanan online. Contoh paling mudah : e-banking / atm bisa dibobol oleh ahli komputer / yang mengetahui banyak mengenai seluk - beluk maupun celah dari kelemahan sistem keamanan yang biasanya kita namakan hacker, namun sebenarnya hacker dalam definisinya berbeda dengan implementasi di lapangan. Saya percaya dan yakin bahwa setiap bank lokal maupun seperti paypal, alertpay, dll memberikan keamanan penuh, terbaik dan seaman mungkin terhadap sistem agar tidak kebobolan.

2. Administrasi keuangan online pada prinsipnya sama dengan seperti bank lokal lainnya. Dikelola oleh manusia, memiliki data nasabah, menjaga kepercayaan nasabah, dll.

Rizky2009 mengatakan...

aq cuma punya aq akun sop y/ paypal doang

KucingTengil mengatakan...

baru tau alertpay lbh dl dr paypal.. mia jg pake paypal. tapi saldonya msh o wuakakakakakaka

Imtikhan mengatakan...

salam persahabatan
info yang bermanfaat
izin save ya

alkatro mengatakan...

alertpay lebihpraktis veripidnya sob, kalo paypal sebenarnya bisa verifid pake rek bank lokal kita, cuma agak beribet harus kirim email segala, makasih infonya :)

Penghuni 60 mengatakan...

msh blm ngerti bgt soal paypal nih...
jd utk sementara aku cm bs baca tulisanmu aja, blm bs berkomentar lbh.

W i e d e s i g n a r c h mengatakan...

::: lengkap banget

^____^

Clara Canceriana mengatakan...

rasanya saya pernah belajar soal ini (tepatnya diajarkan sih :P) tapi lupa xD, makasih sudah diulas lagi

Rin mengatakan...

baru ngerti apa itu paypal... pernah punya accountnya.. asal daftar, tapi ga bisa makenya, ga ada isinya juga...jadi terbengkalai begitu... hee.. :D
makasi infonya kang :)

Noor's blog (inside of me ) mengatakan...

Makasih nfonya bang, tapi Bang Pendi blom ngerti gini2an...otaknye belom nyampe ! hehehe

reni mengatakan...

Selamat malam... Lengkap banget pembahasannya, ya.

narti mengatakan...

pembahasan yang lengkap.
makasih infonya.

de2tia mengatakan...

dengan sharing pengalaman seperti ini, tentu bermanfaat bagi teman yang lain.

dj-site mengatakan...

Sore Kang ToPu waduh lma gak keliatan hhe.. :P

Berhubung lebih sering berurusan lewat Dunia Online dan dari Zaman masih maen Google Ads juga berhubungan sama ini, klo dulu ada Gold sejenis PayPal juga... jadi aku gak ragu sama Pembayaran leway Paypal, cuma ya mesti milih PayPal yg bener juga...

attayaya mengatakan...

aku cuma pake paypal aja

nuancespen mengatakan...

Saat ini hanya paypal dan bca yang saya pakai untuk transaksi online! Sukses untuk semuanya!

sikucingbi mengatakan...

Hhaha...
Saya aja mo daftar paypal banyak masalahnya... :))

Munir Ardi mengatakan...

apa allertpay bisa membayar banyak bisnis online sob

Kang ToPu mengatakan...

Selama bisnis online tersebut support alertpay sebagai salah satu alat pembayaran maka tentu bisa menggunakan alertpay, sebaliknya demikian.

fai mengatakan...

eh buset ini dah 2011 tapi belom buat postingan baru acan

waroeng coffee mengatakan...

Pada dasarnya perubahan seseorang itu tergantung dari kemauan kita sendiri, meski berjuta motivasi atau masukan dari org lain tak akan berguna jika kita gak punya kemauan tuk merubahnya :)

k.o.s/Komunitas Online Sragen mengatakan...

nambahin sedikit gan...untuk trasnfer paypal yang dapat potongan $100 kebawah..bila $100 keatas tidak ada potongan.dan selamat malam...

CORETAN HIDUP mengatakan...

Aku belum pernah bertransaksi dengan hal ini sehingga belum memahaminya dengan lebih jelas

deniborin mengatakan...

kalo saya lebih nyaman pake paypal bos.. udah terbukti aman :)

Muhammad A Vip mengatakan...

saya belum pernah melakukan pembayaran online, makasih infonya.

mundo_idiot mengatakan...

Mutual Info , aku sebenarnya Pengen bisnis Online tapi tidak tahu mulai dari mana , sana sini kukunjungi tapi tak tuntas , menurut Pendapat sobat bagaimana ,Ya ?

NURA mengatakan...

salam sobat
trims sharingnya
saya kini tahu permasalahan alat pembayaran online.
banyak ya bank lokalnya.

Mood mengatakan...

Izin menyimak, suatu saat bila perlu saya kembali kesini untuk mempelajarinya lagi. Coz sekarang belum punya satupun alat pembayaran online.
Thank's infonya Sob.

Salam.. .

Kritik dan saran silahkan sampaikan di sini atau di situ
Posting Selanjutnya Posting Sebelumnya Beranda

Kolom Komunitas