Tutorial Pembelajaran dari seorang ToPu yang ingin berbagi ilmu yang telah didapatkan selama hidup secara perlahan tapi bermanfaat bagi seluruh umat manusia.
Dapatkan Update Status Terbaru dari ToPu. Follow my twitter @tatopu

Konsep Dasar PHP

Konsep dasar dari PHP ini berisi tentang kode - kode dasar dari sebuah awal pemrograman php. Dengan konsep dasar php ini, kita dapat membuat sebuah file php beserta isinya dengan baik sesuai dengan standar yang diberikan dari php-nya sendiri. Sehingga tidak ada kesalahan dalam menjalankan file php atau file php tidak bermasalah ketika di ¨run¨ melalui web browser. Selain itu posting ini juga merupakan sambungan posting dari sebelumnya yang disini juga membahas bagaimana cara mengecek instalasi dengan kode php yang sangat sederhana. Tanpa basa basi langsung kita kupas tuntas Konsep Dasar PHP.

Untuk mengecek apakah PHP yang telah kita instal sudah terpasang dengan baik dan benar di komputer kita, tulis kode dasar PHP di bawah ini dan simpan dengan nama coba.php.

<?
phpinfo()
?>

Maksud dari kode diatas {phpinfo()} adalah bertujuan untuk menampilkan informasi secara lengkap mengenai php. Sedangkan tanda <? ... ?> merupakan tag pembuka dan penutup dari sebuah file php yang wajib ada untuk membuat suatu kejadian dari php. Tampilan akan muncul, apabila instalasi dari komuter Anda sebelumnya telah terinstall dengan baik dan benar.

Selain dari tag pembuka dan penutup di atas, masih ada lagi yang dapat kita gunakan untuk membuka dan menutup file php. Sebenarnya ada empat macam kode penulisan PHP, antara lain;
  1. <? echo(¨coba satu ini¨); ?>
  2. <?php echo(¨coba juga ini¨); ?>
  3. <script language=¨php¨> echo(¨Kalau ini?¨); </script>
  4. <% echo(¨mencoba last php¨); %>
Anda dapat memilih salah satu dari keempat cara tersebut. Bila dilihat secara sekilas keempat - empatnya memiliki cara penulisan yang berbeda tetapi sebenarnya konsepnya sama.

Seperti pada bahasa pemrograman lain, Kita pun bisa meletakkan baris kmentar pada program. Pada PHP caranya adalah dengan meletakkan komentar tersebut di sebelah kanan tanda // jika komentar satu baris dan di antara /* dan */ jika komentarnya lebih dari satu baris. Tutorial untuk Konsep Dasar PHP sampai disini dulu. Lebih baik belajar sedikit demi sedikit tetapi yang sedikit itu tertanam permanent di otak kita dan akan semakin bertambah banyak dari pada belajar banyak tetapi setelah beberapa hari materi itu telah terlupakan begitu saja.


Share/Bookmark

Ingin mendapatkan artikel seperti ini? Silahkan masukkan alamat email Anda untuk berlangganan.

Privacy guaranteed. We'll never share your info.

Artikel yang berhubungan :

Kritik dan saran silahkan sampaikan di sini atau di situ
Posting Selanjutnya Posting Sebelumnya Beranda

Kolom Komunitas