Tutorial Pembelajaran dari seorang ToPu yang ingin berbagi ilmu yang telah didapatkan selama hidup secara perlahan tapi bermanfaat bagi seluruh umat manusia.
Dapatkan Update Status Terbaru dari ToPu. Follow my twitter @tatopu

The disk is Write Protected

Kalau artikel mengenai Flashdisk yang error tersebut pada flashdisk, kali ini peringatan "The disk is Write Protected" menimpa hardisk eksternal. Hardisk eksternal yang tertimpa musibah "The disk is Write Protected" ini dapat berukuran apapun bahkan pernah 1 Tb juga mengalami hal seperti ini.
Nama Penulis: ToPu, Tanggal terbit: 02 Januari 2012
Didukung oleh: Tutorial Pembelajaran,
<a href="http://tutorial-pembelajaran.blogspot.com/">Tutorial Pembelajaran</a>
Cara untuk mengatasi masalah seperti ini dapat digunakan cara pada Flashdisk cara yang pertama. Ulangi penggantian value dengan 0 juga pada ControlSet001 dan ControlSet002. Biasanya hanya dengan cara tersebut sudah dapat terbuka kembali hardisknya dan tidak lagi muncul pesan error "The disk is Write Protected".

Selain masalah pada hardisk eksternal yang seperti disebutkan di atas, jika hardisk eksternal tersebut berukuran besar namun masih berformat exfat file system, maka tentu untuk masalah urusan salin-menyalin data tidak dapat sebesar hardisk eksternal yang berformat NTFS. Untuk mengubah format tersebut dapat dengan cara melalui console windows dengan perintah CONVERT G: /FS:NTFS dimana G adalah drive tempat hardisk eksternal berada atau kalau di linux bisa langsung menggunakan disk utility. Demikian semoga pengalaman yang sedikit tersebut dapat bermanfaat bagi pembaca.

Share/Bookmark

Ingin mendapatkan artikel seperti ini? Silahkan masukkan alamat email Anda untuk berlangganan.

Privacy guaranteed. We'll never share your info.

Artikel yang berhubungan :

Kritik dan saran silahkan sampaikan di sini atau di situ
Posting Selanjutnya Posting Sebelumnya Beranda

Kolom Komunitas