Tutorial Pembelajaran dari seorang ToPu yang ingin berbagi ilmu yang telah didapatkan selama hidup secara perlahan tapi bermanfaat bagi seluruh umat manusia.
Dapatkan Update Status Terbaru dari ToPu. Follow my twitter @tatopu

[Indonesia] Pattern Recognition Analysis Project

Pada intinya, Pattern Recognition adalah bagaimana membuat suatu object mengerti mengenai input yang telah diberikan dengan metode tertentu(bahasa ToPu). Ada buanyak sekali metode yang telah disediakan dan dapat digunakan pada Pattern Recognition ini seperti Artificial Neural Network, Hidden Markov Model, Neuro Fuzzy dan masih buanyak lagi lainnya. Pada suatu proyek yang telah dibebankan kepada Saya, diperlukan suatu aplikasi bantu untuk membuat Pattern Recognition ini secara cepat dan mudah. Berikut pembahasanya.

Karena ada banyak sekali materi pembahasan dalam pembuatan proyek ini, maka Saya sampaikan bertahap aja ya, mungkin bisa dilanjut di lain waktu. Dalam pembuatan proyek ini, seperti yang telah Saya katakan bahwa akan dibutuhkan aplikasi bantu, Aplikasi bantu tersebut yang Saya pergunakan adalah Weka. Pada sesi artikel ini, Saya akan mencoba memperkenalkan dan sedikit bagaimana menggunakan software weka ini. Jangan kuatir kalau masalah lisensi, dijamin gratis dan legal serta bebas dari pembajakan.
Nama Penulis: ToPu, Tanggal terbit: 14 Mei 2012
Didukung oleh: Tutorial Pembelajaran,
<a href="http://tutorial-pembelajaran.blogspot.com/">Tutorial Pembelajaran</a>
Weka merupakan sebuah aplikasi yang sebenarnya digunakan sebagian besar untuk data mining. Namun dalam hal ini weka juga dapat dimanfaatkan atau dipergunakan untuk membuat proyek kecil-kecilan dalam Pattern Recognition.

Tanpa panjang lebar, langsung saja karena Saya yakin yang belum paham biasanya cuman bisa komen pusing.., hehehehehe:D, Ok, seperti inilah penampakan-penampakan pada weka...
Mennu yang secara otomatis dibbuat setelah selesai install weka. Silahkan pilih Documentation untuk dapat menemukan tutorial yang lebih lengkap untuk weka
Pilih Weka (versi) untuk membuka weka dalam GUI. Sehingga akan muncul jendela baru seperti berikut:
Pada jendela weka explorer terdapat menu - menu yang berkaitan dengan rincian data yang telah ada.
Dilihat dari namanya saja sudah kelihatan bahwa hal ini digunakan untuk bereksperimen / percobaan dan melakukan analisis seperti tes statistik dari skema yang telah ada.
Sedangkan KnowledgeFlow fungsinya hampir sama dengan yang knowledge, hanya pada KnowledgeFlow penggunaannya bisa dengan drag and drop dan lebih lengkap.
Yang terakhir adalah Simple CLI. Bagi yang pernah menggunakan matlab, maka menjumpai aplikasi seperti ini sudah tidak asing lagi. Perintah - perintah yang digunakan pun juga hampir sama, walau lebih banyak di matlab.

Sebenarnya masih ada yang weka dengan konsole. Namun melihat artikel yang sudah lumayan panjang, ditakutkan pengunjung justru merasa jenuh. Sebelum Saya akhiri, Saya ingin mengadakan kontes kecil - kecilan untuk teman - teman blogger semuanya. Total hadiah adalah $5 atau 50.000 rupiah untuk 2 orang pemenang. Hadiah akan dikirim disesuaikan dengan rekening bank yang dimiliki oleh masing - masing pemenang.

Kalau dilihat dari segi hadiahnya maka teman - teman blogger akan merasa hadiah tersebut sangat kecil. Namun jika teman - teman menganggap kontes ini sebuah ajang untuk mempererat hubungan sesama blogger maka Saya yakin apa yang akan didapatkan teman - teman jauh lebih penting dari pada hadiah yang akan Saya berikan.

Silahkan kirimkan nama akun dan alamat blogger teman - teman ke alamat email topuym@yahoo.com. Peraturan untuk mengikuti kontes akan dikirimkan beberapa saat setelah teman - teman mendaftarkan diri melalui alamat email tersebut.

Apabila sudah memenuhi persyaratan yang ada, maka nama akun blogger teman - teman akan di approve dan diakui sebagai peserta kontes yang Saya cantumkan pada bagian komentar artikel ini. Keputusan juri dalam menilai adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. Selamat mengikuti kontes. Semoga menang kontes.

Share/Bookmark

Ingin mendapatkan artikel seperti ini? Silahkan masukkan alamat email Anda untuk berlangganan.

Privacy guaranteed. We'll never share your info.

Artikel yang berhubungan :

43 komentar:

cerita anak kost mengatakan...

wah syaa belum mudeng ni gan. apa nie ya? ehm.. bingung.

Anonim mengatakan...

asli saya menjadi puyeng ni mas,,weleh-weleh... @_@

Unknown mengatakan...

Kayanya perlu dibaca berulang-ulang sop,ane ga ngerti maksudnya,terus ane harus instal dulu Weka-nya ya sop.
Mohon penjelsan lagikawan.Thanks ya,happy blogging.

Unknown mengatakan...

ini mah uda tingkat master.. ane masih newbie sob. belum mudeng. hehehe.

Unknown mengatakan...

perlu pembelajaran yang khusus sob
terima kasih sebelumnya

Kang ToPu mengatakan...

@All : Pada ngga' ikutan kontesnya niy??? Kontesnya Saya jamin sangat mudah sekali.., dan Saya yakin semua blogger mampu mengikuti kontes ini sekalipun itu newbie. Silahkan baca paragraf2 terakhir dari artikel ini untuk mengikuti kontesnya..

Saya tunggu ya...^-^

Unknown mengatakan...

wahhh saya masih belum ngerti nih bang,,,
mohon pencerahannya lagi yah :)

Kang ToPu mengatakan...

@Saya copaskan aja dech, biar semua ngerti dan sangat jelas.., niy kontesnya..., disimak ya..

Saya ingin mengadakan kontes kecil - kecilan untuk teman - teman blogger semuanya. Total hadiah adalah $5 atau 50.000 rupiah untuk 2 orang pemenang. Hadiah akan dikirim disesuaikan dengan rekening bank yang dimiliki oleh masing - masing pemenang.

Kalau dilihat dari segi hadiahnya maka teman - teman blogger akan merasa hadiah tersebut sangat kecil. Namun jika teman - teman menganggap kontes ini sebuah ajang untuk mempererat hubungan sesama blogger maka Saya yakin apa yang akan didapatkan teman - teman jauh lebih penting dari pada hadiah yang akan Saya berikan.

Silahkan kirimkan nama akun dan alamat blogger teman - teman ke alamat email topuym@yahoo.com. Peraturan untuk mengikuti kontes akan dikirimkan beberapa saat setelah teman - teman mendaftarkan diri melalui alamat email tersebut.

Apabila sudah memenuhi persyaratan yang ada, maka nama akun blogger teman - teman akan di approve dan diakui sebagai peserta kontes yang Saya cantumkan pada bagian komentar artikel ini. Keputusan juri dalam menilai adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. Selamat mengikuti kontes. Semoga menang kontes.

Unknown mengatakan...

wah ap ini yah belum pada familier kayaknya akau jaga

al kahfi mengatakan...

maaf mas yg di paragraf akhir mengenai kontesnya masih belum begitu paham,,seperti apa,, bisa di uraikan lg mas

Kang ToPu mengatakan...

Mengenai seperti apa kontesnya akan Saya kirimkan setelah teman2 kirimkan nama akun dan alamat blogger temen2 ke alamat email topuym@yahoo.com

Unknown mengatakan...

wahhh jadi pengen ikut nih bang

Unknown mengatakan...

Ok sop,Insya Alloh nanti saya tindak lanjuti ke email,thanks ya infonya.

Ririe Khayan mengatakan...

ooo, intinya daptar dulu via email getu ya? Oke deh, saya coba kirim emailnya sob:)

vlog media news mengatakan...

Materi temanya kurang paham saya gan..

Ferry Nurse mengatakan...

Terima kasih sahabat atas berbagi pengetahuannya ini.
Salam kenal dan salam persahabatan

Kang Muroi mengatakan...

wah kalo bisa dijelasin dulu sob, kontes apaan nih, biar langsung daftar gitu hehe..

Fahri Samudra mengatakan...

Wah, sepertinya ane tertarik dengan kontes ini, namun mohon maaf, ane masih belum paham, kontesanya bagaimana? Membuat apa? Masih belum mudeng sob, hehehe, o iya, ane juga belum punya rekening bank, hehehe, masih kecil soale.... But, makasih banyak Mas atas infonya...

Unknown mengatakan...

ok sobat, saya pikir dulu

Una mengatakan...

Kontes apa dulu nih Sob?
Susah gk?

Kang ToPu mengatakan...

@All: Mungkin materi yang Saya berikan terlalu sulit, Namun untuk kontes ini Saya yakin SEMUA PASTI BISA. Karena anak SMP pun mungkin sudah bisa ikut kontes ini. Jadi tunggu apa lagi segera daftar ke topuym@yahoo.com

Saya tunggu ya^-^

Unknown mengatakan...

info lombanya masih kurang detail sobat...

Unknown mengatakan...

saya blum donk nih...baca lagi ea sampe ngerti hehe,,,

Unknown mengatakan...

Apa itu sob ? gak ngerti nih :)

Unknown 1 mengatakan...

Lombanya tentang apa dulu sob? tentang design web/blog, Atau tentang promosi sesuatu? hehee.

Cunayz Share mengatakan...

gak ngerti saya mangut2 aja deh :)
thank 4 share

Unknown mengatakan...

ane masih nuwbie sob, kagag ngarti hhe :)

stupid monkey mengatakan...

hihihihiy, sorry sob, rata2 kan pada gak paham, berikut juga gue soal kontesnya, udah, biar gak kaya kucing dalam karung, mendingan di pampang di postingan aja biar jelas gitu lho, ini sih cuma saran aja sob :D

Unknown mengatakan...

hmm.. kontesnya kaya... tutorial knowledgw ya..? atau learn to learn point all point.. gitu ya.. :D

Kang ToPu mengatakan...

Saya tunggu hingga tanggal 17 Mei 2012, Bila masih belum ada yang terkualifikasi sebagai peserta kontes, Maka Saya nyatakan Kontes ini dibatalkan.

Terima kasih atas perhatian teman2 blogger semuanya^o^

Unknown mengatakan...

kurang ngerti sob mengenai lombanya...

Unknown mengatakan...

hadir lagi sobat untuk baca-baca :)

Unknown mengatakan...

jangan dibatalin dulu sobat, saya uda nyusun artikel untuk lombanya nih sobat...

Unknown mengatakan...

sob artikel lomba saya sudah jadi dan siap untuk di posting, Insyaallah besok saya postingnya sobat, apa masih bisa sobat???

Dedy Irawan Az mengatakan...

masih bingung memahaminya sobat......

Unknown mengatakan...

mampir lagi nyambung silaturrahmi :D

Unknown mengatakan...

sobat saya ikutan lombanya, ini dia artikel saya

http://asis-sugianto.blogspot.com/2012/05/ayo-bergabung-bersama-di-indonesia.html

Asalasah mengatakan...

ane smakin penasaran..coba kirim email aj dulu ah

Unknown mengatakan...

alhamdulillah saya sudah masuk kategori peserta, terima kasih banyak yach sobat...

Anonim mengatakan...

selamat siang sobat...
saya sudah daftar ke email sobat. :)

Prasetyo Budi mengatakan...

wah belum bisa ikut juga kok, hehe salam dari potret

i luv u mengatakan...

tutorial...oh tutorial...
:D

MAMPIR yah..
kunjungn prdana...
lam kenal^^

Kang ToPu mengatakan...

Pemenang akan diumumkan melalui email masing2. Terima kasih atas partisipasinya.

Kritik dan saran silahkan sampaikan di sini atau di situ
Posting Selanjutnya Posting Sebelumnya Beranda

Kolom Komunitas