Tutorial Pembelajaran dari seorang ToPu yang ingin berbagi ilmu yang telah didapatkan selama hidup secara perlahan tapi bermanfaat bagi seluruh umat manusia.
Dapatkan Update Status Terbaru dari ToPu. Follow my twitter @tatopu

Tips Memilih Notebook dan Komputer

SAAT ini, computer pribadi (PC), netbook dan laptop bukan lagi barang yang istimewa, tetapi sudah menjadi kebutuhan pokok. Itu bisa dilihat dengan dibanjirinya toko komputer maupun laptop oleh konsumen pembeli setiap harinya. Kenapa mereka tertarik dengan piranti elektronik itu? Alasan konsumen membeli barang tersebut pun sangat bervariasi, ada yang ingin membeli karena kebutuhan kerja, kuliah dan bermain game. Selain itu alasan membeli laptop adalah karena ingin menikmati fasilitas-fasilitas yang ditawarkannya seperti wifi untuk koneksi hotspot dan sebagainya. Banyaknya jenis netbook dan laptop di pasaran tentu saja membuat kita bingung. Sebagai gambaran, saat ini banyak jenis laptop dengan berbagai merek, dengan harga yang terjangkau yaitu berkisar antara Rp 2 juta sampai Rp 10 jutaan ke atas.

Sebenarnya, semakin tinggi harga suatu produk laptop, maka semakin tinggi pula spesifikasi dan kegunaannya. Di satu sisi hal semacam ini sangat menguntungkan bagi konsumen. Namun bagi mereka yang awam, tentu saja sangat membingungkan.
Ada beberapa cara mudah untuk membeli PC, netbook dan laptop yang bisa dijadikan panduan bagi mereka yang awam dengan piranti itu. Pertama, cara memilih dilihat dari fungsinya. Seperti mau digunakan untuk apa PC, netbook dan laptop itu nantinya.
Kedua, dilihat dari mereknya. Saat ini sudah muncul PC, netbook dan laptop dengan merek-merek yang baru. Tetapi merek yang sudah populer seperti Toshiba, Acer, Sony, Axio, Dell, HP/Compaq, Lenovo biasanya mempunyai kualitas perakitan yang jauh lebih baik daripada rakitan lokal. Selain itu jika anda membeli laptop lebih baik belilah laptop dengan merek yang service center-nya.

Ketiga, pemilihan perangkat keras atau hardware. Langkah ini sangat penting sebab jika salah dalam menentukan pilihan, tidak akan bisa mengganti komponen laptop yang sudah dibeli. Seperti Prosesor atau CPU misalnya. Perangkat keras ini akan menentukan seberapa cepat sistem bekerja dalam mengeksekusi suatu program.

Selanjutnya lihat perangkat memori atau RAM-nya. Memori ini merupakan perangkat keras yang berfungsi sebagai penyimpan data sementara dari program yang sedang berjalan. Seperti otak, semakin besar kapasitas penyimpanan RAM maka semakin banyak program yang bisa dijalankan secara bersamaan.
Nama Penulis: Asyanta, Tanggal terbit: 17 September 2011
Didukung oleh: Central Programmer,
<a href="http://centralprogrammer.com">Central Programmer</a>

Teliti juga komponen Hard Drive dan VGA-nya. Hard Drive (Media Penyimpanan) ini berfungsi untuk menyimpan data dalam waktu yang lama. Misalnya seperti file-file olah data, musik, video, pekerjaan kantor dan lain -lain merupakan beberapa contoh file yang sering disimpan dalam HDD. Sementara VGA berfungsi agar pada layar LCD grafiknya lebih bagus. Selain itu bagi penggemar game 3Dmx, pasti menggunakan VGA . Pada saat ini yang paling banyak dikenal dan populer adalah VGA ATI Radeon dan Nvidia.

Keempat, dilihat dari fasilitasnya. Membeli PC, netbook dan laptop perlu dilihat secara detail fasilitas yang dimilikinya, seperti DVD room yang digunakan untuk burning film atau musik. Sebaiknya jika budget-nya banyak belilah DVD RW. Akan tetapi jika budget-nya agak terbatas, laptop yang ada DVD Combo sudah mencukupi.

Kelima, memilih PC, netbook dan laptop dilihat dari Operating System atau OS-nya. Sebagian besar Laptop yang dijual saat ini, kebanyakan menyertakan Microsoft Windows sebagai OS bawaan. Akan tetapi lebih baik saya sarankan misalnya setelah membeli laptop baru, pakai saja OS Microsoft Windows XP SP2 karena OS ini lebih support untuk semua jenis software.

Jika anda masih kesulitan untuk memilih, maka sebaiknya mengajak teman atau orang yang paham dengan PC, netbok dan laptop. Selain hemat waktu, anda juga tidak bakalan khawatir akan kualitas PC, netbok dan laptop yang anda beli.

Share/Bookmark

Ingin mendapatkan artikel seperti ini? Silahkan masukkan alamat email Anda untuk berlangganan.

Privacy guaranteed. We'll never share your info.

Artikel yang berhubungan :

Kritik dan saran silahkan sampaikan di sini atau di situ
Posting Selanjutnya Posting Sebelumnya Beranda

Kolom Komunitas