Tutorial Pembelajaran dari seorang ToPu yang ingin berbagi ilmu yang telah didapatkan selama hidup secara perlahan tapi bermanfaat bagi seluruh umat manusia.
Dapatkan Update Status Terbaru dari ToPu. Follow my twitter @tatopu

Contoh Program Ruby

Agar tidak bosan, maka kali ini Saya akan membahas tutorial mengenai contoh program ruby. Beberapa hari yang lalu telah Saya bahas mengenai tutorial awal mengenai Ruby on Rails. Maka saat ini adalah saat yang tepat untuk mencoba meng-implementasikan atau mencoba bahasa ruby. Ternyata setelah Saya coba, rasanya ada hal lain yang tidak dimiliki oleh bahasa pemrograman lainnya. Teman - teman akan mengetahui sesuatu apakah itu yang memang sangat luar biasa saat teman - teman mencobanya. Pada tutorial ini Saya akan memberikan beberapa contoh program menggunakan bahasa ruby. Contoh contoh program tersebut antara lain adalah program segitiga pascal*, program faktorial dan program kumpulan rumus matematika.

Dari ketiga program tersebut, hanya satu yang Saya tampilkan. Selebihnya silahkan download dari link yang telah Saya berikan pada akhir tutorial ini dan pelajari sendiri. Program yang akan Saya tampilkan adalah program faktorial.

Bila berbicara mengenai faktorial, maka tentu akan menyinggung dengan yang namanya angka. Metode dari faktorial itu sendiri merupakan beberapa kumpulan perkalian dari berbagai perkalian dari nilai sebelumnya sampai angka terkecil yaitu 1. Contoh : Diberikan nilai 3. Maka faktorial dari nilai tersebut adalah 3! = 3*2*1 = 6

Bila dalam bahasa ruby, maka proses yang harus dilalui program antara lain adalah melakukan perulangan operasi perkalian dari angka yang di inputkan hingga perkalian dengan angka 1. Kode program menggunakan bahasa Ruby seperti di bawah ini, Agar tidak terlihat seperti banyak maka Saya jadikan satu baris sajaBig Grin
print "masukkan nilai : " n = gets.to_i i = 1 f = 1 while i <= n f = f*i i += 1 end print "Faktorial dari nilai tersebut adalah ",f
Output dari program tersebut adalah seperti berikut.
Program Lainnya dengan tingkat kesulitan lebih tinggi dapat di download di sini dan di sunu...

Share/Bookmark

Ingin mendapatkan artikel seperti ini? Silahkan masukkan alamat email Anda untuk berlangganan.

Privacy guaranteed. We'll never share your info.

Artikel yang berhubungan :

Kritik dan saran silahkan sampaikan di sini atau di situ
Posting Selanjutnya Posting Sebelumnya Beranda

Kolom Komunitas